Probolinggo— Akibat sering mendapat keluhan masyarakat mengenai pelayanan medis, Komisi B DPRD Kota Probolinggo meminta jajaran Puskesmas untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada pasien. DPRD juga akan menganggarkan relokasi Puskesmas kecil sebagai solusi bagi pasien rawat inap yang tidak bisa ditampung di RSUD Dr. Moh. Saleh.
Rekomendasi tersebut disampaikan oleh Komisi B DPRD Kota Probolinggo dalam RDP (rapat dengar pendapat) bersama Dinas Kesehatan, DPPKA dan sejumlah Kepala Puskesmas yang bertempat di ruang Komisi B DPRD Kota Probolinggo, Selasa (17/5).
Dalam RDP tersebut, Ketua Komisi B Roy Amran, SE meminta agar pasien BPJS baik mandiri maupun Jamkesmas dapat dilayani dengan baik tanpa tebang pilih. “Ada keluhan dari pasien BPJS, mereka ditarik biaya tambahan oleh RSUD Dr. Moh. Saleh. Sedangkan di Puskesmas tidak ditarik biaya tambahan apapun. Supaya lebih maksimal memberikan pelayanan, Puskesmas harus ditingkatkan pelayanannya”, kata Roy.
Selain itu Ketua Komisi B juga mendorong Dinkes agar melakukan relokasi sejumlah Puskesmas kecil agar bisa berkembang. jika telah direlokasi Puskesmas kecil tersebut dapat dilengkapi fasilitas rawat inap. Dengan demikian maka pasien tidak harus dirawat di RSUD Dr. Moh. Saleh. Sebab ruang rawta inap pasien kelas I dan II RSUD Dr. Moh. Saleh selalu penuh.
Puskesmas kecil yang hendak direlokasi diantaranya adalah Puskesmas Sukabumi, Puskesmas Kanigaran dan Puskesmas Jati. Ketiga Puskesmas ini paling dimungkinkan untuk direlokasi dan dikembangkan karena Puskesmas tersebut ramai didatangi dan mudah diakses sehingga butuh direlokasi.
“Tahun depan kita anggarkan relokasinya. Puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat karena melayani langsung. Kajian relokasi ini sudah dilakukan demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” tandas Roy.
Menanggapi hal tersebut, Dinas Kesehatan mengaku siap dan akan memerintahkan para petugas Puskesmas untuk melayani sepenuh hati. Relokasi Puskesmas ini juga mendapat dukungan dari Dinas Kesehatan karena selama ini fasilitas di tiga Puskesmas tersebut dinilai kurang. (md)

Leave a Reply

Your email address will not be published.