PERKENALAN KE MITRA KERJA KOMISI I SILAHTURAHMI KE BKPSDM

Probolinggo—Komisi I melaksanakan silahturahmi ke BPKSDM  Kota Probolinggo  dan diterima langsung oleh Kepala BKPSDM beserta jajarannya di ruang pertemuan BKPSDM, Senin (6/1).

Silahturahmi yang dipimpin oleh Ketua Komisi I, Mokhammad Jalal didampingi anggota bertujuan untuk perkenalan kepada mitra kerja dari Komisi I dan untuk menggali informasi terkini terkait pelaksanaan penerimaan CPNS tahun 2019/2020.

BKPSDM Kota Probolinggo merupakan salah satu aspek penting dalam menopang suksesnya pelaksanaan pembangunan otonomi daerah yaitu dengan tersedianya aparat pemerintah yang memiliki kejujuran, adil, disiplin dalam menaati peraturan, bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), handal berdasarkan ilmu pengetahuan dan pengalaman serta berpegang teguh pada kode etik profesi, memiliki self control dan beorientasi pada mutu/kualitas kinerja dengan cara kerja yang efisien, efektif dan ekonomis memiliki kepekaan yang tinggi terhadap kepentingan masyarakat dan masalah-masalah masyarakat serta bertanggung jawab sebagai konsekuensi logis dari semakin besarnya tugas dan tanggung jawab yang dipikul Pemerintah Kota Probolinggo.

Terkait dengan rencana penerimaan CPNS, BKPSDM Kota Probolinggo  menjelaskan bahwa pelaksanaan tes CPNS dilakukan secara mandiri. Artinya tempat pelaksanaan tes CPNS tidak lagi dilakukan dengan bergabung bersama daerah lain, tetapi telah memiliki tempat untuk pelaksanaan tes CPNS tersebut. Pelaksanaan tes CPNS akan dilakukan antara tanggal 27 Januari atau 8 Pebruari 2020 di gedung Pelabuhan Perikanan Probolinggo.

BKPSDM Kota Probolinggo akan menyiapkan peralatan PC atau Laptop sebanyak 150 (seratus lima puluh) unit guna menunjang pelaksanaan tes. Dan pelaksanaan tes CPNS terdiri dari 5 (lima) sesi yang akan ditempuh dalam waktu 4 (empat) hari.

BKPSDM Kota Probolinggo juga melakukan update informasi melalui website guna memudahkan masyarakat di dalam mengakses informasi terutama terkait penerimaan CPNS.

Selain hal tersebut diatas, BKPSDM Kota Probolinggo juga menjelaskan informasi terkait mekanisme pengisian jabatan di RSUD dr. Mohammad Saleh dan Sekretariat DPRD. Untuk pengisian jabatan Direktur RSUD dr. Mohammad Saleh yang saat ini telah menjadi UPT dari Dinas Kesehatan dan masih menunggu akreditasi dari Kementerian Kesehatan RI. Maka apabila akreditasi RSUD dr. Mohammad Saleh berada di tipe B maka yang menduduki jabatan direktur harus eselon 2b, sedangkan apabila di tipe C maka yang menduduki jabatan direktur harus eselon 3a. Perlu diketahui juga untuk pejabat eselon 2b maka akan dilakukan dengan seleksi terbuka yaitu yang memiliki kompetensi di bidang kedokteran seperti dokter gigi, dokter spesialis atau fungsional kesehatan lainnya. Sedangkan untuk pengisian jabatan Sekretaris DPRD haruslah mendapat persetujuan dari Pimpinan DPRD.

BKPSDM Kota Probolinggo juga menjelaskan tentang pengembangan SDM pegawai terutama bagi guru. BKPSDM telah melakukan kerjasama dengan LPMP Kota Surabaya terkait diklat bagi Kepala Sekolah. Rencananya akan memberangkatkan sekitar 30 (tiga puluh) calon Kepala Sekolah untuk didiklat di bulan April 2020.

Sambutan sangat hangat yang diterima oleh Komisi I, sehingga harapannya ke depan BKPSDM Kota Probolinggo dapat terus bersinergi sebagai mitra kerja dari Komisi I DPRD Kota Probolinggo. (md)