Probolinggo – DPRD Kota Probolinggo gelar rapat paripurna terkait penyampaian laporan Pansus I dan II tentang tiga raperda yang berlangsung di ruang sidang utama DPRD Kota Probolinggo, Jumat (14/10).
Rapat paripurna tersebut dihadiri Walikota Probolinggo, Hj. Rukmini, Wakil Walikota Probolinggo HM. Suhadak, Sekda beserta jajarannya. Selain itu hadir pula para pejabat kewilayahan Camat dan Lurah.
Pimpinan rapat paripurna, Ketua DPRD Kota Probolinggo Agus Rudiyanto Ghaffur sesuai dengan agenda rapat menjelaskan bahwa Walikota Probolinggo telah menjawab pemandangan umum (PU) fraksi terkait tiga raperda yang kemudian ditindaklanjuti dengan pembahasan Pansus I dan II mulai tanggal 11 sampai dengan 13 Oktober 2016. Pansus I membahas raperda tentang penyelenggaraan penerangan jalan umum, sedangkan Pansus II membahas raperda tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah serta raperda perubahan atas Perda Nomor 15 tahun 2009 tentang organisasi dan tata kerja BPBD.
Secara garis besar Pansus I melalui Roy Amran yang bertindak selaku pelapor, menjelaskan bahwa Pansus I telah melakukan kajian dengan referensi yang komprehensif. Sejumlah masukan bagi eksekutif dihasilkan terhadap raperda pelaksanaan penyelenggaraan penerangan jalan umum.
Kemudian giliran Pansus II yang diwakili olehn Imam Hanafi. Dalam laporannya Pansus II menyatakan menyetujui kedua raperda tersebut untuk disahkan menjadi Perda. Pansus II juga memberikan beberapa rekomendasi kepada eksekutif, diantaranya terkait pejabat yang ditunjuk sebagai kepala SKPD agar disesuaikan dengan kelilmuannya. Selain itu juga harus melihat latar belakang pendidikan, diklat kepemimpinan yang diikuti serta kemampuan manajerial. Bahkan Pansus II meminta pengurangan para pejabat eselon IV dilakukan secara professional.
Di akhir rapat paripurna sebelum ditutup, Ketua DPRD menjelaskan bahwa laporan Pansus I dan II ini menjadi pedoman bagi pimpinan di dalam pengambilan keputusan untuk mengesahkan raperda tersebut. DPRD Kota Probolinggo juga akan melakukan fasilitasi dengan Gubernur Jawa Timur. Dengan telah selesai dibacakannya laporan Pansus I dan II maka Ketua DPRD Kota Probolinggo resmi membubarkan Pansus I dan II. (md)

Leave a Reply

Your email address will not be published.