KOMISI II TINJAU LOKASI PENGOLAHAN MATA AIR PDAM DI RONGGO JALU

Probolinggo—Komisi II melakukan tinjauan lokasi ke Rumah Produksi Ronggo Jalu Kecamatan Tegal Siwalan Kabupaten Probolinggo untuk melihat langsung kondisi pengolahan mata air PDAM, Rabu (5/2).

Tinjauan lokasi yang dipimpin langsung Ketua Komisi II, Sibro Malisi bersama dengan para anggota diterima oleh Kepala Bagian Hubungan Pelanggan, Kepala Bagian Teknik, beserta Kepala Sub Bagian di PDAM Kota Probolinggo.

Dari tinjauan lokasi yang dilakukan, Komisi II mendapati penyebab aliran air tidak keluar atau kecil, (1) terjadinya banjir di sumber mata air, dimana saat terjadi hujan deras material lumpur terbawa oleh aliran air sehingga sumber air menjadi keruh. PDAM terpaksa melakukan penutupan pipa sumber air untuk mengurangi kekeruhan; (2) terjadinya pemadaman listrik PLN, ketika terjadi pemadaman listrik maka segera dilakukan pengalihan daya ke mesin genset. Peralihan sumber daya dari PLN ke genset memerlukan waktu kurang lebih 10 sampai dengan 15 menit sehingga menyebabkan kekosongan aliran pada pompa air; (3) kebocoran pipa, yang disebabkan karena usia pipa (korosif), pekerjaan proyek penggalian, tekanan berlebihan atau tonase kendaraan dan kondisi kontur tanah yang mengakibatkan terjadinya penurunan posisi pipa.

Komisi II memindaklanjuti tinjauan lokasi ini dengan membuat rekomendasi yang ditujukan kepada Pemerintah Kota Probolinggo. Berdasarkan masterplan PDAM untuk 5 tahun kedepan dan menyikapi permasalahan kebocoran pipa yang dikarenakan usia pipa yang merupakan peninggalan jaman Belanda sehingga perlu dilakukan penggantian. Untuk itu Komisi II merekomendasikan untuk menambah anggaran melalui DPUPR dan Perkim supaya dapat dilakukan perbaikan pipa saluran air PDAM secara menyeluruh, dari hulu sampai ke hilir. (md)