KOMISI II SIDAK PASAR BARU DAN PASAR KRONONG TINJAU LANGSUNG PENATAAN PEDAGANG

Probolinggo—Komisi II melakukan sidak ke Pasar Baru dan Pasar Kronong untuk melihat langsung penataan pedagang, Senin (6/1).

Sidak yang dipimpin oleh Ketua Komisi II, Sibro Malisi bersama dengan anggota Komisi II lainnya sebagai bentuk fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan sesuai dengan mitra Komisi II dan untuk mendapatkan gambaran secara pasti terkait penataan pedagang di Pasar Baru dan Pasar Kronong terkait revitalisasi pasar tersebut.

Komisi II mendapat banyak keluhan dari para pedagang terkait menurunnya pembeli hingga 50 persen di Pasar Baru dan Pasar Kronong. Beberapa temuan di lapangan antara lain; (1) adanya kebocoran pada atap pasar dan penumpukan sampah sehingga menyumbat saluran air yang berakibat pada genangan air di jalan; (2) tidak sesuainya jumlah pedagang dengan jumlah bedak semi permanen/Los di Pasar baru; (3) para pedagang yang menempati bedak/Los semi permanen berpindah ke dalam Pasar Baru dengan alasan tidak laku. Sehingga terjadi penumpukan dan semrawut di dalam Pasar Baru; (4) penempatan bedak/Los semi permanen di sisi sebelah barat dan timur Pasar Baru berdampak pada menurunnya omset pedagang; (5) petugas pemungut retribusi mengaku belum pernah menerima insentif retribusi.

Dari beberapa keluhan tersebut, Komisi II merasa perlu segera menindaklanjuti dengan menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan BPPKAD, DKUPP, dan Inspektorat untuk mendapatkan penjelasan. (md)