Probolinggo—Komisi I DPRD Kota Probolinggo menerima kunjungan kerja dari Komisi A DPRD Kota Surabaya. Rombongan Komisi A DPRD Kota Surabaya diterima langsung oleh Ketua Komisi I Abdul Azis beserta anggota Komisi I lainnya di ruang kerja Komisi I, Selasa (1/8).

            Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya, Masduki Toha mengatakan bahwa tujuan kedatangannya ke Kota Probolinggo terkait program dan tata kelola arsip sehingga dapat menjadi masukan untuk Kota Surabaya.

            Menanggapi hal tersebut Ketua Komisi I DPRD Kota Probolinggo, Abdul Azis menyambut baik maksud kedatangan dan banyak hal yang telah dilakukan Kota Probolinggo dalam memperbaiki kearsipan dan tata kelola perpustakaan. Salah satunya adalah program restorasi atau perbaikan arsip kuno para seniman dan tokoh ulama, agar layak menjadi bahan bacaan. “Perpustakaannya sendiri ada dua tempat. Bahkan kami juga anggarkan Rp 500 juta untuk memperbaiki arsip daerah. Disini juga ada program yang ditujukan untuk kepentingan publik,” ujarnya.

            Azis menambahkan dalam mengelola arsip daerah, Pemkot Probolinggo telah menganggarkan sebesar Rp 1,5 milyar untuk menggali kearsipan dan mencarinya. Seperti mencari arsip-arsip jaman kuno hingga ke luar negeri, contohnya ke Belanda. “Di Belanda ditemukan motif batik kuno milik Kota Probolinggo. ada juga asal-usul Kali Banger atau asal muasal Kota Probolinggo. Termasuk mencari hari jadi antara Kota dan Kabupaten Probolinggo yang masih rancu. Kearsipan ini terus digali karena merupakan lembaran negara dan untuk kebutuhan anak cucu kita,” ujarnya.

            Kota Probolinggo dari dulu terus berkomitmen untuk terus menggali sejarah. Bahkan beberapa hal yang masih dilakukan adalah perpustakaan tentang sejarah kepemiluan. (md)

Leave a Reply

Your email address will not be published.