Probolinggo– Komisi B DPRD Kota Probolinggo mengundang Dinas Perhubungan Kota Probolinggo dalam RDP yang digelar pada hari kamis lalu (7/1). RDP ini terkait dengan perolehan target pendapatan asli daerah (PAD) dari parkir baik yang berlangganan maupun non berlangganan.
Target PAD parkir di tahun 2015 secara keseluruhan sebesar Rp. 3,5 milyar, sedangkan realisasinya mampu melebihi target sebesar Rp. 4,055 milyar. PAD parkir keseluruhan ini didapat dari parkir berlangganan dengan target sebesar Rp. 3,3 milyar dan realisasinya sebesar Rp. 3,8 milyar. Sedangkan dari parkir non berlangganan jenis mobil dengan target sebesar Rp. 25 juta dan realisasi sebesar Rp 59 juta. Parkir non berlangganan jenis sepeda motor dengan target PAD sebesar Rp. 22,5 juta dan realisasi sebesar Rp. 35 juta. Dari jenis sepeda pancal dengan target Rp. 1,2 juta namun tidak terealisasi.
Menurut Roy Amran, Ketua Komisi B DPRD Kota Probolinggo, hal yang menyolok terlihat dari perolehan parkir insidentil dengan target sebesar Rp. 90 juta namun hanya terealisasi sebesar Rp. 68 juta. Dishub beralasan di tahun 2015 lalu terkait pengalihan tempat parkir pada acara SEMIPRO, SPK dan acara lainnya yang belum tepat pengaturan parkirnya.
Mendengar semua alasan yang dikemukakan oleh Dishub, Komisi B DPRD Kota Probolinggo tidak serta merta menerimanya. Untuk itu Komisi B akan tetap melakukan evaluasi.
Komisi B DPRD Kota Probolinggo berharap Dishub benar-benar melaksanakan evaluasi menyeluruh pada internalnya. (md)
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.