FRAKSI-FRAKSI SAMPAIKAN PEMANDANGAN UMUM TERKAIT 2 RAPERDA

Probolinggo—DPRD Kota Probolinggo menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian pemandangan umum fraksi-feraksi tentang raperda Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan dan raperda pencabutan Perda Nomor 13 Tahun 2012 tentang penataan kawasan pantai, Jumat (15/12).

            Bertempat di ruang sidang utama DPRD Kota Probolinggo, rapat paripurna DPRD dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Muchlas Kurniawan dengan didampingi Wakil Ketua II Zulfikar Imawan. Sedangkan dari eksekutif hadir Sekda Kota Probolinggo, Bambang Agus  Suwignyo yang mewakili Walikota Probolinggo beserta para kepala OPD, Camat dan Lurah se Kota Probolinggo.

            Beberapa fraksi di DPRD Kota Probolinggo mulai bergantian menyampaikan pemandangan umumnya berkaitan dengan 2 (dua) raperda tersebut. salah satunya Fraksi Golkar mempertanyakan urgenitas pembentukan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan mengingat telah ada LPM. Terkait raperda pencabutan Perda Nomor 12 Tahun 2012 tentang penataan kawasan pantai, Fraksi Golkar menyatakan dukungannya karena penataan kawasan pantai memang sepenuhnya menjadi kewenangan Provinsi dan pusat sehingga daerah tidak memiliki tanggung jawab sepenuhnya.

            Sementara itu Fraksi lainnya seperti Fraksi PDI Perjuangan dalam pemandangan umumnya mengatakan bahwa pembentukan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan sebagai wadah untuk mengembangkan kreativitas, dapat mencegah kenakalan dan penyalahgunaan obat terlarang oleh remaja serta dapat mendayagunakan dan mengembangkan potensi sumber daya.

Berbeda dengan Fraksi PKB yang menolak raperda pembentukan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan karena dianggap kurang jelas. Namun Fraksi PKB member dukungan terhadap raperda pencabutan Perda Nomor 12 Tahun 2012 karena aturan hukum diatasnya telah mengamanatkan agar daerah tidak lagi mengatur kawasan pantai. (md)

Leave a Reply

Your email address will not be published.