Probolinggo—Setelah menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan BPPKA, kini giliran RSUD dr. Moh. Saleh, Dinas Perikanan dan Dinas Kesehatan diundang dalam RDP pada hari Selasa (31/1) di ruang Komisi B. RDP Komisi B ini tentang evaluasi program kegiatan dan pencapaian PAD tahun 2016.
Ketua Komisi B, H. Rano Cahyono setelah membuka RDP mengatakan bahwa PAD dari ketiga satker tersebut melebihi target. Untuk itu Komisi B meminta agar ketiganya tidak terlena di tahun 2017 ini dalam pencapaian PAD. Sebab setiap tahun pasti ada perubahan seperti harga barang, kebutuhan ekonomi dan jumlah penduduk yang terus bertambah. Ke depan target capaian PAD harus dimaksimalkan melalui potensi-potensi yang bisa digali. Sehingga PAD tersebut dapat digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur di Kota Probolinggo dan pelayanan kepada masyarakat. Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perikanan Budi Krisyanto mengatakan dari sektor kelautan sudah diambil alih oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat, sedangkan target PAD sebesar Rp 1,2 miliar pada sektor perikanan diupayakan tetap tercapai. Seperti pada hari ini Dinas Perikanan sudah menyetor 7 persen dari target PAD sebesar Rp 1,2 miliar. “Sektor yang bisa digali hanya pada sektor perikanan, karena di sektor kelautan sudah menjadi otoritas Pemerintah Provinsi dan pemerintah pusat. Namun hal tersebut tidak membuat kami menurunkan target PAD sebesar Rp 1,2 miliar. Mengenai program pembinaan nelayan dipastikan jalan terus,” kata Budi Krisyanto.
Kemudian Komisi B juga meminta Dinas Kesehatan berupaya agar Puskesmas Kelurahan Jati dapat meraih PAD sesuai target. Perpindahan fasilitas kesehatan tidak bisa menjadi alasan target PAD tidak tercapai.
Sedangkan RSUD dr. Moh. Saleh menyampaikan sikap optimisnya bahwa target PAD tahun 2017 dapat tercapai. Hal ini dikarenakan pada perubahan anggaran (PAK) tahun 2016 RSUD dr. Moh. Saleh mendatangkan alat jantung, sehingga pasien dapat mempergunakan alat tersebut di tahun 2017 ini dan tentunya akan mendatangkan PAD. Selain alat jantung, alat lainnya yang sudah datang adalah indoskopi, cuci darah dan catchlab. (md)
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.