Probolinggo—DPRD Kota Probolinggo menggelar rapat paripurna dengan acara penandatanganan nota kesepakatan antara Pemerintah Kota Probolinggo dengan DPRD Kota Probolinggo tentang SARAN DAN PENDAPAT  KUA PPAS APBD Kota Probolinggo tahun anggaran 2021 , yang digelar pada hari Sabtu  (11/9) jam 19.00 WIB.

 

Bertempat di ruang sidang utama rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD, Abdul Mujib , S.Pd.I didampingi dua Wakil Ketua DPRD yakni H. Nasution dan Fernanda Zulkarnain juga dihadiri oleh Bapak  Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin beserta jajarannya. Dalam rapat paripurna tersebut Fraksi-Fraksi DPRD Kota Probolinggo diberikan kesempatan untuk menyampaikan pemandangan umumnya tentang pembahasan KUA PPAS APBD TA 2021.

 

Beberapa Fraksi menyampaikan pemandangan umumnya di sejumlah bidang antara lain bidang pendidikan, kesehatan, pembangunan dan keuangan.

Saran dan pendapat ditujukan pada OPD – OPD yang terkait antara lain :

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

                Badan anggaran memberikan Saran dan  Pendapat agar penganggaran untuk Pendidikan selama 1 tahun tidak terpenggal penggal baik itu Pendidikan formal maupun non formal , termasuk pembangunan fisik di SMPN 5 agar melakukan pengajian ulang , serta untuk honor GTT dan PTT agar dievaluasi ulang dan pemotongan tidak diterapkan pada honor GTT dan PTT yang sudah minim pendapatnya.

 

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Badan Anggaran memberikan Saran dan Pendapat agar dalam proses pengadaan mobil dinas operasional melalui E- Katalog atau lelang.

 

BAGIAN HUKUM

                Badan Anggaran memberikan Saran dan Pendapat untuk kegiatan sosialisasi peraturan perundang undangan pada perubahan APBD Tahun 2021.

 

KECAMATAN

                Terkait dengan anggaran Rumah Tidak Layak Huni , maka  Badan Anggaran memberikan Saran dan Pendapat agar kegiatan tersebut dapat teralisasi dan berjalan optimal

 

DINAS KOPERASI , USAHA MIKRO , PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN

                Badan Anggaran memberikan pendapat dan saran kepada DKUPP dan BPPKAD untuk melakuakn rekonsilisasi terkait dengan anggaran  DAK , serta memberlakukan retribusi kepada para pedagang.

 

DINAS PERTANIAN , KETAHANAN PANGAN , DAN PERIKAN

                Badan Anggaran memberikan pendapat dan saran kepada DINAS PERTANIAN , KETAHANAN PANGAN , DAN PERIKAN untuk mengkaji ulang dan telaah terkait subsidi hibah dan dasar hukum yang melandasinya.

 

DINAS PEKERJA UMUM , PENATAAN RUANG , PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN

                Badan Anggaran memberikan pendapat dan saran kepada DINAS PEKERJA UMUM , PENATAAN RUANG , PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN agar segera menyelesaikan pembangunan pasar baru , perbaikan jalan dan pematusan

 

DINAS KESEHATAN , PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA

                Badan Anggaran memberikan pendapat dan saran agar peruntukannya tidak bagi masing masing  OPD satu Unit akan tetapi lebih dipilih OPD yang Hall/ ruang rapatnya sering digunakan dengan kapasitas yang lebih banyak dan diberi alat pembersih udara dan diharapkan juga pada SD dan SMP.

 

DINAS LINGKUNAGN HIDUP

                Badan Anggaran memberikan pendapat dan saran agar DLH mendapat tambahan Anggaran guna pembuatan pagar pelindung di jalan Bendi dan Jalan Himalaya.

 

DINAS PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH

                Badan Anggaran memberikan pendapat dan saran agar pemerintah menambahkan alokasi anggaran dan pelatiahn personal dan relawan sebagai garda terdepan dalam penangan kebencanaan.

 

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

                Badan Anggaran memberikan pendapat dan saran agar ada penambahan anggaran pembelian AC minimal 10 Unit.

 

DINAS SOSIAL , PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PELINDUNGAN ANAK

                Badan Anggaran memberikan pendapat dan saran upaya pemerintah Kota Probolinggo melalui DINSOS menyiapkan mobil ambulans jenazah , setiap warga yang terdampak pademi covid 19 , yang berhak mendapatkan bantuan PPKM tidak ada batasan untuk mendapatkan bantuan tersebut.

 

BAGIAN KESRA

                Badan Anggaran memberikan pendapat dan saran agar mensosialisakan pada masyarakat Kota Probolinggo Tokoh Agama Baik Islam maupun Agama lainnya , honor petugas kebersihan / marbot yang semula ditanggung oleh Yayasan dapat dianggarkan melalui Pemerintah Kota Probolinggo, serta penepatan satpam pada masjid masjid guna untuk keamaana dan pengawasan lebih , supaya pengguna masjid merasa aman dan nyaman Ketika beribadah.

 

DINAS PENANAMAN MODAL , PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DAN TENAGA KERJA

                Badan Anggaran memberikan pendapat dan saran dinas berkoordinasi dengan pengusaha terkait apa saja yang nantinya di butuhkan , tujuannyan agar anggaran yang dikeluarkan tidak sia sia dan peruntukannya terarah.

 

DINAS KEPEMUDAAN ,  OLAHRAGA DAN PARIWISATA

                Badan Anggaran memberikan pendapat dan saran agar perencanaan harus riil sesuai  dengan apa yang ada  supaya pada saat realisasi bisa mencapai target yang diinginkan. (10/09)