Probolinggo—DPRD Kota Probolinggo menggelar rapat paripurna dengan acara penandatanganan nota kesepakatan antara Pemerintah Kota Probolinggo dengan DPRD Kota Probolinggo tentang KUA PPAS APBD Kota Probolinggo tahun anggaran 2018 dan penetapan 2 raperda tentang raperda perubahan atas Perda nomor 10 Tahun 2011 tentang penyelenggaraan dan retribusi pengendalian menara telekomunikasi serta raperda tentang pembentukan produk hukum daerah, yang digelar pada hari Jumat (4/8).

            Bertempat di ruang sidang utama rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD, Agus Rudiyanto Ghaffur didampingi dua Wakil Ketua DPRD yakni Muchlas Kurniawan dan Zulfikar Imawan juga dihadiri oleh Walikota Probolinggo, Rukmini beserta jajarannya. Dalam rapat paripurna tersebut Fraksi-Fraksi DPRD Kota Probolinggo diberikan kesempatan untuk menyampaikan pemandangan umumnya tentang pembahasan KUA PPAS APBD TA 2018.

            Beberapa Fraksi menyampaikan pemandangan umumnya di sejumlah bidang antara lain bidang pendidikan, kesehatan, pembangunan dan keuangan. “RTH Kedopok misalnya selain dibuat ajang refreshing, disana juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pendidikan dan pramuka. Namun fasilitas MCK dan lainnya masih kurang memadai sehingga seharusnya dilengkapi,” ujar juru bicara F-PDIP.

            Permasalahan pengembangan UKM juga menjadi sorotan. Pemkot Probolinggo diminta untul terus mempromosikan dan memasarkan produk-produk UKM. Seperti dengan menggandeng KADIN agar pemasaran produk UKM dapat melesat jauh.

            Sementara itu Fraksi PKB juga menyampaikan retribusi menara telekomunikasi dapat disesuaikan dengan peraturan yang berlaku, mengikuti putusan MK yang menilai peraturan retribusi tidak sesuai dengan UUD 1945. Sehingga Pemkot disarankan mengenakan retribusi sebesar dua persen saja.”Dinkes juga harus fokus pada pengobatan ODHA, tidak hanya pada pencegahannya saja. Perlu dengan menggandeng pihak ketiga agar terus dapat mendampingi. Penderita penyakit menular hendaknya dilokalisir supaya tidak menyebar,” ujar juru bicara F-PKB. (md)

Leave a Reply

Your email address will not be published.