Probolinggo—DPRD Kota Probolinggo menggelar rapat paripurna penyampaian nota keuangan Walikota Probolinggo terhadap pembahasan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018.
Rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, Agus Rudiyanto Ghaffur didampingi Wakil Ketua I, Muchlas Kurniawan dan Wakil ketua II, Roy Amran berlangsung di ruang sidang utama DPRD Kota Probolinggo, selasa (18/6).
Pembacaan nota keuangan itu disampaikan oleh Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin. Ini merupakan laporan keuangan yang secara substansial diharapkan dapat mengoreksi dan memastikan bahwa pengelolaan keuangan daerah selama tahun 2018 secara berdaya guna sekaligus transparan dan akuntabel. Laporan keuangan ini juga disusun berdasarkan standar sakuntasi pemerintahan berbasis akrual. Hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2013 tentang penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual pada Pemerintah daerah.
Walikota mengatakan dalam pengelolaan keuangan daerah masih ada beberapa kekurangan yang lebih bersifat administratif. Untuk itu kami tetapkan akan etrus meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan keuangan daerah, khususnya terhadap pendapatan daerah, transparansi, dan akuntabilitas akan lebih ditingkatkan. Salah satu catatan pokok dalam pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018 adalah adanya dukungan politis yang kuat dari segenap anggota dewan.
Hadir juga pada rapat paripurna tersebut Anggota DPRD Kota Probolinggo, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Penjabat Sekda, sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo hingga Camat dan Lurah se Kota Probolinggo. (md)

Leave a Reply

Your email address will not be published.