Probolinggo– Kamis (7/1), Komisi A DPRD Kota Probolinggo melaksanakan sidak ke Terminal Cargo di Kecamatan Mayangan. Sekretaris Dinas Perhubungan, Moh. Haryono yang ditemui di Terminal Cargo oleh Komisi A DPRD Kota Probolinggo mendapati penggunaan fasilitas di Terminal Cargo masih digratiskan.
Ali Muhtar, SH, MH selaku Ketua Komisi A DPRD Kota Probolinggo mengatakan bahwa Perda telah ada dan seharusnya sudah bisa dilakukan penarikan kontribusi atas pemakaian fasilitas di Terminal Cargo ini. Bahkan Ali Muhtar sempat mempertanyakan kepastian terminal ini dipakai sebagai Terminal Cargo atau terminal parkir dan jangan-jangan hanya gaungnya saja tetapi sebenarnya tidak memenuhi syarat sebagai Terminal Cargo.
Menanggapi hal demikian, M. Dahroji selaku Kasi di Dishub Kota Probolinggo menyampaikan rencana awalnya adalah terminal barang, tetapi harus ada fasilitas berupa forklift sehingga untuk sementara ini masih menjadi pangkalan parkir atau rest area.
Kemudian sidak berlanjut menuju ke uji kir dan diakhiri dengan melihat NTMC di Kantor Dishub Kota Probolinggo.
Sidak yang dilakukan oleh Komisi A DPRD Kota Probolinggo merupakan tindak lanjut dari RDP sebelumnya yang mengungkap belum adanya studi kelayakan bagi terminal cargo. Sedangkan di uji kir Komisi A menemukan timbangan emisi yang tidak berfungsi sehingga hal ini patut disesalkan karena untuk uji emisi tidak bisa hanya dengan berdasarkan asap saja. (md)

Leave a Reply

Your email address will not be published.