VISI "TERWUJUDNYA PEMERINTAH KOTA PROBOLINGGO YANG DEMOKRATIS"                              MISI "Menggerakkan penyelenggaraan pemerintahan yang transparantif, aspiratif dan akuntabel, Meningkatkan efektifitas kinerja DPRD,Mendorong peran serta masyarakat dalam pengambilan kebijakan"

  • logobaru - Copy.jpg
  • WEB.jpg
  • WEB1.jpg

F-PDIP SAMPAIKAN SARAN KONSTRUKTIF TENTANG KUA PPAS APBD TA 2017

Probolinggo--- Pada rapat paripurna DPRD dengan agenda penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Probolinggo dengan DPRD Kota Probolinggo tentang KUA dan PPAS APBD TA 2017 yang diawali dengan penyampaian saran dan pendapat Badan Anggaran dan penyampaian pendapat Fraksi-Fraksi secara tertulis yang berlangsung pada Sabtu (6/8) lalu, Fraksi PDI Perjuangan memberikan beberapa saran dan masukan yang konstruktif.
Fraksi PDI Perjuangan menyatakan dapat menerima dan menyetujui penandatanganan nota kesepakatan bersama Pemerintah Kota Probolinggo dengan DPRD Kota Probolinggo tentang KUA dan PPAS APBD TA 2017. Saran dan masukan yang disampaikan dalam pendapat Fraksi sebagai berikut, (1) Dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah Fraksi PDI Perjuangan menyarankan agar SKPD penghasil selalu melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi pada penerimaan retribusi/pajak dengan melakukan pendataan ulang pada masing-masing obyek retribusi/pajak dan semaksimal mungkin menekan kebocoran. (2) Dokumen KUA telah menyajikan prioritas pembangunan Kota Probolinggo Tahun 2017. Dalam dokumen tersebut memuat tujuh program prioritas diantaranya adalah pendidikan dengan konsentrasi program peningkatan sarana dan prasarana, pelayanan pendidikan murah dan peningkatan mutu pendidikan. (3) Dinas Kesehatan sebagai leading sector disarankan untuk menganggarkan program dan kegiatan yang bermanfaat langsung dalam menanggulangi balita gizi buruk agar di Kota Probolinggo tidak ada lagi kasus tersebut. (4) Dalam pengurusan SKTM bagi keluarga tidak mampu agar diberikan kemudahan sehingga mereka lebih mudah mendapatkan akses dalam pelayanan pendidikan dan kesehatan serta mendapatkan bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan. (5) Peningkatan kualitas jalan kota, jalan lingkungan dan normalisasi drainase perkotaan supaya mendapatkan alokasi anggaran yang cukup dalam anggaran Tahun 2017. (6) Dalam pelaksanaan revitalisasi pasar, baik Pasar Baru maupun Pasar Wonoasih supaya memperhatikan keberadaan dan kepemilikan para pedagang lama sehingga nantinya tidak menimbulkan polemik antar para pedagang dan menimbulkan masalah baru. (7) Sebagaimana yang tertuang dalam dokumen draft KUA dan PPAS APBD TA 2017 bahwa prioritas pembangunan pada iklim investasi, industri dan UMKM diantaranya adalah program peningkatan kualitas produk unggulan industri/UMKM. Terkait dengan prioritas tersebut melalui dinas terkait, maka Fraksi PDI Perjuangan mengharapkan adanya fasilitasi bagi pelaku UMKM berupa website khusus sebagai wahana pengenalan produk ke masyarakat luar Kota Probolinggo.
Saran-saran yang diberikan oleh Fraksi PDI Perjuangan diharapkan dapat menjadi perhatian bagi Pemerintah Kota Probolinggo demi kemajuan Kota Probolinggo. (md)