VISI "TERWUJUDNYA PEMERINTAH KOTA PROBOLINGGO YANG DEMOKRATIS"                              MISI "Menggerakkan penyelenggaraan pemerintahan yang transparantif, aspiratif dan akuntabel, Meningkatkan efektifitas kinerja DPRD,Mendorong peran serta masyarakat dalam pengambilan kebijakan"

  • logobaru - Copy.jpg
  • WEB.jpg
  • WEB1.jpg

FRAKSI NASDEM SAMPAIKAN PENDAPAT AKHIRNYA PADA RAPAT PARIPURNA KUA PPAS APBD TA 2017

Probolinggo--- Setelah melalui proses mendalam antara DPRD dengan eksekutif mengenai pembahasan KUA dan PPAS APBD Tahun Anggaran 2017. Fraksi Partai Nasdem DPRD Kota Probolinggo berpendapat bahwa nota kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Probolinggo dengan DPRD Kota Probolinggo tentang KUA dan PPAS APBD Kota Probolinggo Tahun Anggaran 2017 telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga dari pertimbangan tersebut maka Fraksi Partai Nasdem dapat menerima dan menyetujui terhadap penandatanganan nota kesepakaan tersebut pada rapat paripurna DPRD yang digelar Sabtu (6/8) lalu.

Fraksi Partai Nasdem memberikan saran dan masukan bagi Pemerintah Kota Probolinggo antara lain (1) realisasi pelaksanaan anggaran hendaknya difokuskan pada upaya untuk mendukung pelaksanaan aktitivitas atau program/kegiatan yang menjadi prioritas dan preferensi daerah. untuk mewujudkan anggaran daerah yang berorientasi pada kepentingan publik, maka APBD dimanfaatkan dengan pendekatan kinerja, dimana ada keterkaitan yang erat antara pengambil kebijakan di DPRD dengan perencanaan operasional oleh Pemerintah Daerah dan penganggaran oleh unit kerja. Serta adanya upaya mensinergikan hubungan antara APBD, sistem dan prosedur pengelolaan keuangan daerah, lembaga pengelola keuangan daerah dan unit-unit pengelola pelayanan publik dalam pengambilan keputusan. (2) Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, yang telah diubah beberapa kali terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015, bahwasannya seluruh kebijakan yang diambil merupakan kesepakatan bersama antara pihak legislatif dan eksekutif. Sehingga perjalananan dan implementasi APBD tahun Anggaran 2017 harus bersama-sama berniat menjalankan untuk kepentingan masyarakat. Fraksi Partai Nasdem juga berharap bahwasannya Pemerintah Kota Probolinggo harus selalu berpikir dan berusaha serta berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) sehingga tidak bergantung pada Pemerintah Pusat. (3) Mencermati kondisi dan realita yang ada, Fraksi Partai Nasdem melihat bahwa masih terdapat indikasi ketidakseimbangan antara sisi anggaran belanja dengan target perolehan pendapatan SKPD. Hal ini dapat dilihat dan dianalisa pada alokasi program/kegiatan pada masing-masing SKPD dengan hasil perolehan pendapatan yang relatif kecil. Idealnya SKPD penghasil seharusnya memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap peningkatan PAD. Namun, kenyataannya SKPD penghasil tersebut masih belum memenuhi target yang diembannya. Oleh karena itu Fraksi Partai Nasdem kedepan mengharapkan agar SKPD penghasil dapat menunjukkan kinerja yang lebih optimal dalam melakukan inovasi dan kreasi untuk meningkatkan isi pundi-pundi pendapatan asli daerah, serta dapat mengantisipasi, meminimalisir, dan bahkan menyumbat peluang-peluang kebocoran.  (md)